ANALISIS KEBISINGAN DI SPBU LINGKE BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MEAD UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN KARYAWAN SPBU DAN PENDUDUK SEKITAR

Authors

  • Mulyadi Abdul Wahid Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia, Kode Pos: 23111
  • Melliati UIN Ar-Raniry
  • Hadi Kurniawan UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/ljee.v3i2.2139

Abstract

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan suatu tempat bagi masyarakat untuk mengisi bahan bakar kendaraan bermotor. Kegiatan di sekitar jalan raya tidaklah lepas dari kehadiran alat transportasi seperti kendaraan bermotor. Kepemilikan dari kendaraan bermotor semakin meningkat setiap harinya baik itu milik pribadi ataupun kendaraan umum sehingga menimbulkan kebisingan pada daerah tersebut. Kebisingan merupakan suatu bunyi atau suara yang tidak diharapkan dari suatu usaha maupun suatu aktivitas dengan rentang waktu pemaparan yang tertentu sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan tubuh manusia serta terganggunya kenyamanan akan lingkungan hidup. Oleh karena itu kebisingan perlu direduksi atau dimitigasi dampaknya. Salah satu Metode yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat kebisingan yaitu menggunakan Metode MEAD. Metode ini berkaitan dengan menganalisis, mengevaluasi dan mendesain sistem kerja dalam organisasi sehingga dapat menjadi lebih efektif serta efisien. Dari hasil penelitian di SPBU Lingke Banda Aceh didapati bahwa persebaran tingkat intensitas kebisingan yang diuji pada titik 1 hingga 7 diperoleh dengan rata-rata masih dibawah 85 dBA. Menurut Keputusan Mentri Lingkungan Hidup No.40 tahun 2017, kebisingan dibawah 85 dBA ini masih berada di bawah ambang baku mutu.

Author Biography

Melliati, UIN Ar-Raniry

Melliati : Penulis Pertama

References

Aditya. (2009). Tinjauan Hubungan tingkat Kebisingan dan keluhan Subjektif (Non Auditory) pada Operator SPBU. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Fahmi, M. S., (2017). Analisis Tingkat Kebisingan Terhadap Karyawan di Lingkungan kerja Kantor PT. Survetor Indonesia Cabang Medan. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Medan Area. Medan.

Hendrick dan Kleiner, (2005). Macroergonomics: Work System Analysis and Design. The Journal of the Human Factors and Ergonomics Society.

Marini, S. (2021). Efektivitas Penyerapak Kebisingan oleh Jenis Pohon Pelindung Jalan di Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19, 661-669.

Moelyanto, A. A. (2012). Analisis Karakteristik SPBU di Kawasan Cepat Berkembang Kota Semarang Bagian Selatan. Jurnal Teknik PWK, 1 (1), 66-75.

Peraturan Menteri Lingkunan Hidup KepMenLH No. 40 tahun 2017. Tentang Baku Tingkat kebisingan. Jakarta.

Sri Umiati, (2012). Pengaruh Pagar tembok Terhadap Tingkat Kebisingan pada Perumahan Jalan Ratulangi Makassar. Jurnal Rekayasa Sipil, 8 (1).

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Abdul Wahid, M. ., Melliati, & Kurniawan, H. (2023). ANALISIS KEBISINGAN DI SPBU LINGKE BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MEAD UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN KARYAWAN SPBU DAN PENDUDUK SEKITAR. ingkar: ournal of nvironmental ngineering, 3(2), 58–75. https://doi.org/10.22373/ljee.v3i2.2139