Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa

Authors

  • Nadirah Vita Yola Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Evi Zuhara Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Desi Arliani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Diskusi Kelompok, Siswa MAN, Penyesuaian Diri

Abstract

Penyesuaian diri adalah proses individu untuk mencapai pola hidup yang baik dalam memenuhi kebutuhan, artinya bagaimana cara individu mengatasi keadaan-keadaan yang menyulitkan misalnya, menjaga emosional agar tidak berlebihan, tidak frustasi, terhindar dari konflik, dan mengatasi permasalahan secara rasional. NamunĀ  yang terjadi di MAN 1 Banda Aceh terdapat siswa yang belum mampu menyesuaikan diri dengan baik sehingga dapat menghambat perkembangan pada aspek pribadi, belajar, sosial dan karir. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MAN 1 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian 8 siswa, pemilihan teknik menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa kelas X MAN 1 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan teknik diskusi kelompok memiliki signifikansi terhadap penyesuaian diri siswa, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 92.8750 menjadi 123.5000 pada skor rata-rata posttest dan selisih diantara keduanya 30.6250. Artinya terjadi peningkatan pada penyesuaian diri siswa setelah memperoleh teknik diskusi kelompok. Kesimpulan penelitian menunjukkan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa, sehingga penelitian dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru bimbingan konseling dalam penyusunan program bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Downloads

Published

2022-01-01

Issue

Section

Articles