Nilai-Nilai Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Authors

  • Sovia Ariyani Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Saifullah Maysa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Heliati Fajriah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Aqiqah Anak, Prosesi Aqiqah, Nilai Edukatif

Abstract

Aqiqah anak merupakan upacara keagamaan dan rasa syukur seorang hamba kepada Allah Swt. karena sudah dikarunia seorang anak. Dalam prosesnya ada penyembelihan hewan, yaitu dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan yang dilaksanakan ketika bayi masih berusia 7 (tujuh) hari dan merupakan waktu paling afdhal. Tesis ini menelaah permasalahan yaitu apa saja nilai-nilai edukatif dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar? Tesis ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan berlokasi di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Nilai edukatif tersebut adalah (1) Nilai agama yang terdiri dari nilai aqidah dalam prosesi penyembelihan kambing, pemberian nama, dan walimatul aqiqah dan marhaban, nilai ibadah dalam prosesi penyembelihan kambing dan walimatul aqiqah dan marhaban, dan nilai akhlak dalam prosesi pencukuran rambut, peucicap dan pemberian nama. (2) Nilai sosial dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, dan walimatul aqiqah dan marhaban. (3) Nilai Estetika dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, pemberian nama dan walimatul aqiqah dan marhaban. (4) Nilai Moral dalam prosesi dan prosesi walimatul aqiqah dan marhaban. (5) Nilai Budaya dalam prosesi peucicap dan prosesi walimatul aqiqah dan marhaban.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles