Pendekatan Guru PAI dalam Mengembangkan Domain Afektif Siswa di Sekolah (Boarding School) Ummul Ayman Samalanga Dan Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Darul Imarah, Aceh Besar

Authors

  • Nurul Fariyah Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Eka Srimulyani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Fuad Mardhatillah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Pendekatan Guru PAI, Mengembangkan domain afektif, Sekolah

Abstract

Proses pembelajaran idealnya harus mengarah pada tiga ranah, yang melekat pada diri peserta didik yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Domain afektif salah satu tujuan pembelajaran yang menekan pada sikap dan nilai yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupannya. Akan tetapi kenyataannya dalam proses belajar mengajar guru masih menekankan pada aspek kognitif, yaitu sebatas penguasaan materi sehingga terabaikan aspek afektif peserta didik. Penanaman sikap pada peserta didik bukan hal yang mudah, harus dilakukan secara terstruktur melalui berbagai pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pendekatan guru PAI dalam mengembangkan domain afektif siswa di sekolah (Boarding School) Ummul Ayman dan Ruhul Islam Anak Bangsa, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan domain afektif pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI Ummul Ayman dan Ruhul Islam Anak Bangsa melakukan berbagai pendekatan dalam mengembangkan domain afektif diantaranya pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan keagamaan, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan dan pendekatan keteladanan.

Downloads

Published

2022-01-01

Issue

Section

Articles